7 Tokoh Ini Meninggal Bersama Rahasia Besar Dunia yang Masih Jadi Misteri, Nomor 5 Temuan Paling Memukau

Rahasia yang dipunyai setiap orang pastinya bermacam-macam; mulai dari rahasia sepele yang biasanya cuma menyangkut diri pribadi, sampai big secret alias rahasia besar yang berhubungan dengan nasib orang banyak. Nah, tujuh tokoh yang akan dibahas artikel ini punya rahasia yang masuk dalam kategori kedua

Namun alih-alih merugikan orang banyak, rahasia besar yang disimpan mereka malah bisa memecahkan suatu kasus, dan bahkan mungkin aja bisa menguntungkan kehidupan umat manusia di masa depan. Sayangnya, ketujuh tokoh ini sudah meninggal, sehingga rahasia yang mereka simpan masih jadi tanda tanya besar.
Seperti dilansir dari toptenz.net, yuk kita langsung bahas siapa aja tujuh orang yang dimaksud.

1. Arne Beurling, Pemecahan Sandi Rahasia







alchetroncom arne beurling
via alchetron.com
Pada tahun 1940, ketika daratan Eropa terjebak dalam perang dunia II, Jerman yang kala itu dipimpin oleh Hitler memperluas invasinya ke Norwegia. Demikian juga dengan pasukan Rusia yang berusaha mengambil alih Finlandia.
Terjebak di antara kedua negara tersebut, Swedia sebagai pihak yang netral merasa wilayahnya terancam dan perlu segera mengambil tindakan. Tapi Swedia pada saat itu tidak mau mengambil risiko untuk ikut campur terhadap agresi militer yang dilakukan Jerman dan Rusia. Mereka lebih memilih “mendengarkan” apa yang sedang terjadi.
Badan intelijen Swedia berusaha menyadap jalur komunikasi Jerman menuju Norwegia. Awalnya, aksi penyadapan mereka tidak berjalan dengan mulus. Sebab pada waktu itu, Jerman baru saja meciptakan sebuah mesin penulis kode rahasia yang paling kompleks dan mutakhir pada zamannya yang bernama T52, atau Geheimschreiber (penulis rahasia).
Intelijen Swedia dibuat bingung dengan deretan angka yang keluar dari mesin T52 dan menganggap itu semua mustahil untuk dipecahkan. Nah, pada saat itulah seorang professor dan ahli matematika bernama Arne Beurling ikut bergabung.
Tak disangka-sangka, Arne Beurling melakukan pekerjaannya dengan baik. Dua minggu setelah dirinya ditugaskan oleh otoritas Swedia, Beurling berhasil memecahkan sandi dan pesan-pesan rahasia dari Jerman menuju Norwegia. Berkat kejeniusan Beurling pula, Swedia sukses membongkar rencana-rencana militer Jerman, termasuk rencana Hitler untuk menginvasi Rusia. Tapi saat ditanya bagaimana caranya ia memecahkan kode-kode rahasia tersebut, Beurling menjawab dengan santai “seorang pesulap tidak mungkin mengungkapkan rahasia sulapnya”.
46 tahun kemudian Beurling meninggal membawa rahasia “sulap”nya.

2. Antonio Stradivari, Kesempurnaan Instrumen Musik







enwikipediaorg antonio stradivari
via en.wikipedia.org
Kamu yang hobi main biola dan musik klasik tentunya gak asing lagi dengan nama ini. Yup, Stradivari adalah perajin biola asal Italia yang hidup sekitar abad ke-17. Ia terkenal karena keahliannya yang luar biasa dalam membuat dan merakit alat musik tersebut. Hasil rakitannya mempunyai komposisi bentuk dan nada-nada yang sempurna. Bahkan 5 dari 12 biola termahal di dunia saat ini adalah buah tangan Stradivari. Biola termahalnya, The Messiah Stradivarius, dibanderol dengan harga 20 juta dolar Amerika atau sekitar Rp 264 miliar!
Bagaimana cara Stradivari merakit alat musiknya dengan sempurna masih menjadi pertanyaan para perajin alat musik bersenar di zaman modern ini. Malah, para ilmuwan yang didukung oleh teknologi modern turut berusaha memecahkan misteri ini. Dengan pemindaian menggunakan teknologi laser, mereka meneliti bagian-bagian biola karyanya, termasuk resin, lem, dan pernisnya. Wah niat banget ya.
Tapi, para ilmuwan pun sejauh ini belum bisa memastikan. Walaupun rahasia kesempurnaan dari karya Stradivari kemungkinan besar terletak pada gabungan komponen-komponen yang disebutkan di atas, tapi itu masih spekulasi. Soalnya, Stradivari gak pernah membocorkan rahasianya tersebut.



>> HALAMAN 2