Ini Nih 6 Alasan Kenapa Kamu Masih Suka Ngantuk Padahal Sudah Puas Tidur. Penting Untuk Diketahui!!

Sering mengantuk meski sudah tidur dalam waktu lama? Coba deh cek penyebab-penyebabnya di bawah ini, yang mungkin sering kamu lakukan dalam keseharian. Berikut 6 penyebab seseorang masih ngantuk meski sudah tidur panjang, dilansir merdeka.com.

1.Terlalu banyak minum kopi

Kandungan kafein pada kopi memang cukup ampuh dalam mengusir rasa kantuk. Namun jika dilakukan secara berlebihan juga tidak baik. Terlalu banyak minum kopi dapat membuat tubuh jadi cepat lelah. Ini terjadi karena hormon adrenal dipaksa untuk bekerja keras sehingga tidak bisa memberikan tubuh waktu untuk beristirahat.

2. Jarang berolahraga

Nah berikutnya kamu cek lagi, apakah kamu sering melakukan olahraga atau tidak. Jika tidak maka wajar saja bila kamu sering mengantuk. Kenapa? Karena metabolisme tubuh menurun. Jadi rajin-rajin berolahraga, dengan begitu tubuh akan menjadi bugar dan terhindar dari yang namanya ‘ngantuk’.

3. Stres

Stres yang bersumber dari pikiran juga bisa membuatmu merasa lelah luar biasa. Untuk mengatasinya, cobalah untuk mengambil napas meski hanya sejenak. Hal ini berguna untuk meredakan ketegangan.

4. Ketidakseimbangan hormon

Rasa kantuk juga bisa disebabkan dengan ketidakseimbangannya hormon tubuh kamu. Untuk menstabilkan hormon, cobalah mengkonsumsi makanan sehat seperti buah-buahan organik dan sayuran segar, serta kacang-kacangan.

5. Suntikan nutrisi yang tidak mencukupi

Pastikan tubuh kamu mendapatkan suntikan atau asupan nutrisi yang memadai. Jika sudah terpenuhi, maka sel tubuh tidak akan mudah lelah dan mengantuk.

6. Dehidrasi

Saat tubuh tak mendapatkan cairan yang memadai, maka akan mudah lelah dan berujung pada masalah ngantuk. Penelitian sendiri telah menunjukkan bahwa tubuh perlu banyak air untuk selalu berenergi dan mudah fokus.